Mahasiswa Teknik Mesin Unimal Raih Juara LKTI Tingkat Nasional

Delegasi dari Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin (Himatesin) Universitas Malikussaleh meraih juara harapan pertama pada Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan. Kegiatan ini berlangsung pada Sabtu (29/10/2022).

Tim mahasiswa jurusan Teknik Mesin tersebut terdiri dari Firman Karim, Andre Ardiyansah, dan Risky Aditya. Mereka berhasil melaju ke babak final setelah melewati dua babak penyisihan. Penyisihan pertama adalah seleksi abstrak yang dilanjutkan dengan seleksi full paper. Dalam babak final, tim Himatesin Unimal bertemu dengan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Universitas Muhammadiyah Lampung, dan tim tuan rumah, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Dalam rilis yang dikirimkan kepada Unimalnews, Firman Karim selaku ketua tim mengatakan bahwa dalam LKTI ini mereka mengangkat judul “Pengolahan Sampah Plastik Menjadi Paving Block Menggunakan Pelebur Plastik (Plastic Melter)”. Ia menjelaskan bahwa ide tentang pengolahan sampah ini sangat berguna bagi lingkungan dan masyarakat karena selain sebagai upaya untuk  mengurangi produksi sampah, inisiatif ini  juga bisa mendongkrak perekonomian masyarakat dengan mengolah sampah menjadi produk bernilai nilai jual tinggi.

Sementara itu, Fadhil Rizky, Ketua Himatesin Unimal yang ikut mendampingi tim bertanding merasa bangga dengan prestasi yang ditorehkan oleh tim Himatesin Unimal tersebut. Ia menjelaskan bahwa capaian prestasi ini tidak terlepas dari usaha keras rekan-rekannya dalam mempersiapkan diri mengikuti lomba ini.

“Kami merasa bangga atas semangat dan prestasi dari Tim LKTI Himatesin Unimal yang berani unjuk prestasi di tingkat nasional. Ini adalah awal dari perjuangan dan semoga ke depannya, para mahasiswa bisa terus berkarya demi kemajuan jurusan Teknik Mesin dan Universitas Malikussaleh,”tutupnya.

(Sumber: unimalnews)