Mahasiswa Teknik Mesin Dikirim ke Malaysia dalam MBKM Internasional

Universitas Malikussaleh mengirimkan lima mahasiswa dalam kegiatan MBKM Internasional yang salah satunya di akili dari mahasiswa Pogram Studi Teknik Mesin. Mereka berangkat ke Malaysia pada 7 Oktober 2024 melalui Sultan Iskandar Muda International Airport setelah sebelumnya dilakukan pelepasan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Unimal Dr Ir Azhari, MSc IPM ASEAN Eng.

Lima mahasiswa tersebut yaitu, Firman Alfathy dari Fakultas Hukum, Sandrina Salsabilla Rambe dari Program Studi (Prodi) Ekonomi Pembangunan.

Kemudian Fadhillah Dandy Satrio dari Prodi Teknik Mesin, Shilvi Munayya dari Prodi Ilmu Kelautan, dan Bahtera Khoiruddin Lubis dari Prodi Administrasi Publik.

“Sejak diluncurkan program MBKM oleh Kementerian Pendidikan, Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemendikbud Ristek), Universitas Malikussaleh berkomitmen dalam mendukung melalui langkah langkah konkret dan strategis,” ujar Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kerjasama Unimal, Dr Ir Azhari, MSc IPM ASEAN Eng .

Yakni kerjasama dengan instansi instansi terkait, seperti Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur, dan INTI International University Malaysia untuk melaksanakan MBKM kemanusiaan.

Program itu berlangsung dari Oktober 2024 hingga Desember 2024 dan akan mendapatkan rekognisi atau pengakuan nilai hingga 20 SKS.

Selama di Malaysia kata Prof Sayuti, mereka akan bergabung dengan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi Indonesia lainnya, kemudian mereka akan belajar di INTI International University Malaysia sebanyak 1 matakuliah.

Lalu dilanjutkan dengan magang mengajar di sanggar-sanggar belajar yang menampung anak-anak pekerja migran Indonesia.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unimal Dr Alfian, SHI MA menyampaikan selamat menjalankan tugas program kemanusiaan ini.

“Jaga nama baik almamater selama di sana, dan menjalin jejaring sesama mahasiswa di Malaysia,” ujar Dr Alfian.